Kadis Parawisata Memaparkan Potensi Wisata Dan Olah Raga Tradisional

0
83

Metrosulbar.com(Topoyo)-Haji Bambang Suparni,Kadis Parawisata pemuda dan Olah raga kabupaten Mateng,menjelaskan program bidang  olah raga kedepan dikabupaten Mateng yang perluh dikembangkan adalah olah raga tradisional,yang hal ini sejalan dengan potensi wisata yang ada didaerah ini.Hal ini ditata sedemikian rupa mulai sekarang dengan rencana akan gelaranya pagelara dan fetival budaya yang akan direncanakan pada bulan Desember 2019 oleh dinas parawisata pemuda dan olah raga.

Salah satu fetival budaya yang akan ditampilkan adalah pagelaran budaya olah raga tradisional,hal ini dipersiapan semenjak dini sebelum tiba waktunya walaupun kami minim anggaran namun semangat membangun parawisata didaerah ini tetap terlaksana dengan baik sesuai program kerja dan insyah allah waktu dekat saya menghadap kementerian untuk mencari dukungan dari pusat dan parawisata yang ada dikabupaten mamuju tengah tidak kala menariknya seperti ada dibali,maka mulai sekarang Dinas Parawisata pemuda dan olah raga genjar melakukan penataan para wisata didaerah ini untuk dapat diperhatian oleh pemerintah pusat dan daerah sehingga para wisatawan didaerah ini,baik lokal maupun wisatawan manca negara berkunjung kekabupaten Mateng mencari obyek-obyek wisata,Ungkap Bambang Suparni diruang kerjanya pekan lalu.

Walaupun kami minim anggaran namun semangat membangun parawisata didaerah ini,tetap berjuang agar pemerintah pusat dapat memberi perhatian khusus kepada dinas parawisata kabupaten mamuju tengah. Untuk lebih jelasnya, inilah tempat yang akan anda kunjungi, berikut adalah tempat wisata tersebut :Keindahan alam selalu menjadi ketertarikan tersendiri secara khusus dalam menyusuri berbagai tempat wisata yang ada. dikabupaten Mamuju Tengah  Tempat adalah sebagai berikut :

1. Wisata Pantai Anggaleha Beach.

Ditempat ini terdapat pepohonan Kelapa, yang dengan kapan saja anda akan bisa berteduh dari panasnya terik matahari, selain itu bisa berkeliling melihat pemandangan sekitar, dan memanjakan mata anda.Ya, tempat satu ini merupakan hasil Inisiasi usaha Duta pemuda Indonesia Sulawesi Barat bersama pemuda di Desa Salubarana, sehingga terbentuk tempat wisata. Kategori tempat wisata tersebut adalah Pantai, juga Indah dan bersih. Di sana juga terdapat tempat peristirahatan, Seperti Gazebo, Ayunan tempat bersantai menikmati keindahan alam, bola api Pantai. Letak tempat wisata ini berada di desa Lara Dusun Anggaleha, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah.
Gagasan pemuda dalam menggerakan Pariwisata di Mamuju Tengah memang tak hentinya-hentinya. Terbukti dengan adanya pariwisata di Desa Salubarana, dusun Anggaleha, Kecamatan Karossa telah dikunjungi oleh wisatawann lokal yang berada di daerah tersebut.

2. Wisata Pantai Babana

Pantai Babana terletak di desa Babana kecamatan budong-budong untuk menuju kepantai ini tidaklah sulit karena sangat berdekatan dengan kantor desa Babana. Di sekitaran bantai Babana juga terdapat beberapa gazebo-gazebo yang dapat di pakai bersantai sambil menikmati indahnya pantai babana secara gratis.

Dengan panorama pasir hitam yang menarik, di tambah lagi ombak pantai memanjakan mata sejauh mata memandang. Pada umumnya pantai ini berebeda jauh dengan pantai yang biasanya memiliki pasir warna putih, apalagi didampingi batu karang disekitar pohon khas yaitu pohon Bakau.

3. Wisata Pantai Batu Meana

Salah satu dari banyaknya pantai yang paling banyak dikunjungi di Mamuju Tengah adalah Pantai Batumeana. Ini merupakan salah satu rekomendasi dari banyak pantai yang dapat anda kunjungi ketika berada di Mateng, Sulawesi Barat. Pantai tersebut  terletak kurang lebih 7 Km dari Kecamatan Topoyo, berada dalam daerah administrasi desa Tumbu, kecamatan Topoyo.
Pantai dengan garis pesisir panjang dan ditumbuhi oleh bakau (mangrove) ini sering dijadikan sebagai lokasi peribadatan bagi warga Mateng yang beragama Hindu. Seperti diketahui kabupaten Mamuju Tengah memiliki sejumlah atau sekian persen warganya beragama Hindu, mayoritas berasal dari suku Bali, dan juga dalam kegiatan-kegiatan ritual,  seperti halnya yang mereka laksanakan di daerah asal, yaitu Bali.

Keramaian tempat ini juga ditandai dengan warga dari umat Hindu dalam memperingati hari-hari besar keagamaan seperti pada saat hari raya Galungan, hari-hari besar umat Hindu Bali menjadi pusat kegiatan peribadatan yang cukup ramai didatangi. Hal serupa sangat mirip seperti  di Bali contoh tanah Lot,  saat-saat ibadah dilakukan di daerah-daerah mendekati pesisir.

4. Wisata Pantai Kambunong

Apabila orang mendengar kata kambonung maka semua akan berfikir pantai yang aneh. Kenapa dikatakan aneh karena pantai ini selain memiliki batu karang dia juga memiliki bebatuan yang sejenis dengan batu gunung. Tapi ketika ketika kita datang kepantai tersebut keanehan itu akan berlalu begitu saja karna kita akan terbius dengan keindahan yang ada dihadapan kita. Jadi buat anda yang penasaran dengan keindahan itu silahkan datang ke Desa Kambunong yang ada di Mamuju Tengah.

Jika anda melihat tempat ini, maka di benak anda pasti ada sesuatu yang aneh dengan tempat tersebut. Kenapa demikian? Ya karena tempat tersebut memiliki bebatuan sejenis batu gunung. Keanehan itu juga akan terjawab jika sekiranya mengunjungi wisata pantai Kambunong, dengan alamnya yang indah.

Pantai kambunong terletak di desa kambunong, kecamatan karossa. pantai kambunung memiliki keindahan tersendiri selain pantai pasir yang panjang juga yang menjadi daya tarik ialah bongkahan bebatuan besar yang menarik di pesisir dengan terlindungi oleh pepohonan sehingga bagi wisatawan yang berkunjung terhindar dari terik panas matahari.

Tempat tersebut juga termasuk dalam daerah Kecamatan Karossa, dengan daya tariknya yang khas pantai pesisir sangat panjang, menjadi daya tarik tersendiri. Daya tarik tersebut seperti, bongkahan bebatuan yang sangat besar, dan yang terakhir yang paling menarik adalah dilindungi pepohonan sehingga bagi mereka yang berwisata disana akan terlindungi oleh teriknya panas matahari.

  1. Wisata Pantai Karossa

Karossa merupakan daerah kecamatan yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), mencakup wilayah desa Kambunong hingga Benggaulu. Dan tentu tepatnya pantai karossa disebut oleh masyarakat disana dengan nama Karossa Pantai, letaknya di Kilometer 1 Kecamatan Karossa Induk. Di sana anda dapat menikmati keindahan alam pasir putih, dan angin sepoi-sepoi.

Silahkan Berkunjung ke Kabupaten Mamuju Tengah mencari tempat-tempat yang indah untuk berlibur dan tempat wisata yang menarik yang tidak kalah indahnya seperti kepulau Bali disana.

Editor =(0de)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here