METROSULBAR-Sejumlah warga Desa Botteng Memenuhi Panggilan polisi sebagai saksi atas dugaan penyalagunaan Dana Desa tahun anggaran 2021.

Unit Tipikor Polresta Mamuju untuk  tindak pidana korupsi ( Tipikor ) Polresta Mamuju Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), nampaknya menemukan dugaan penggunaan dana desa di Desa Botteng Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju, yang diduga ada kecurangan penggunaan DD dan ADD tahun 2021.

Tim Wartawan melakukan pemantauan secara langsung ke warga Desa Botteng yang memenuhi panggilan polisi,duduk menunggu giliran pemeriksaan  di depan ruangan Reskrim, diperiksa sebagai saksi oleh penyidik unit Tipikor polresta Mamuju.

Ditemui Sekretaris Desa Botteng, Hariadi bersama warganya  mengatakan, kehadiran belasan warga Desa Botteng termasuk dirinya, hanya untuk memenuhi panggilan sebagai saksi oleh penyidik unit Tipikor Polresta Mamuju, terkait adanya penyelidikan dugaan kasus korupsi penggunaan dana desa Botteng tahun 2021.

“ Saya sendiri sebagai Sekdes dan aparat Desa Botteng juga dipanggil dan beberapa warga lainnya diantaranya adalah beberapa guru PAUD, “ kata Hariadi, saat ditemui di halaman kantor Polresta Mamuju.

Kepada wartawan menyebutkan, sejumlah dugaan penyimpangan di Desa Botteng era kepemimpinan oknum Kades menjadi temuan Inspektorat Kabupaten Mamuju.

Dia mengungkapkan, salah satu diantaranya adalah adanya dugaan kecurangan seperti anggaran pembagian BLT yang masih tersisa 5 bulan belum dibayarkan ke penerimanya..

Selain itu juga, gaji aparat desa juga sebagian belum terbayarkan serta yang lebih memprihatinkan kata Hariadi, adalah gaji guru – guru honor yang bekerja di sekolah PAUD.
“ Ada beberapa dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh oknum, bahkan persoalan ini dikuatkan dengan ada hasil temuan Inspektorat Kabupaten Mamuju. Makanya, persoalan ini bergulir di Kepolisian, “ sebut Hariadi.
Dia berharap, karena persoalan ini sudah ditangani  Kepolisian maka ia meminta kepolisi agar bisa untuk mengungkap dugaan kecurangan penggunaan dana desa Botteng.

Sehingga kedepannya di Desa Botteng pembangunan benar – benar bisa dirasakan oleh masyarakat Desa Botteng tanpa ada penyimpangan
“ Iya sebagai pemerintah desa, kami berharap kepada aparat hukum untuk bisa membongkar persoalan di desa kami terutama penggunaan anggaran dana desa sehingga pembangunan di desa kami bisa lebih baik lagi kedepan, “ harapnya.
Dikonfirmasi kepada Kanit Unit Tipikor Polresta Mamuju, Ipda Kasmuddin, membenarkan adanya beberapa warga Desa Botteng dimintai keterangan sehubungan dengan adanya laporan dari masyarakat ke Polisi terkait indikasi Tipikor di Desa Botteng.

“ iya benar, ada beberapa warga Botteng, yang sudah kami panggil sebagai saksi untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi dana desa tahun 2021, “ singkat Kasmuddin kepada wartawan.

(Tim/Metrosulbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here