Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata

0
130

METROSULBAR.COM – Kepala bidang pengembangan kelembagaan dan kemitraan pariwisatsa Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat,Hj. Farida, Kegiatan bertujua Sebagai kompetensi SDM Pada Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis)  Sehingga Kami Melaksanakan Tour  agar dapat Memperoleh Implementasi sehingga Peserta mendapatkan Materi pada setiap Tata muka baik secara langsung maupun melalui Tata muka.

PERJALANAN PULANG,SETELAH SELESAI MENERIMA MATERI MAKA PESERTA STUDY TOUR MELANJUTKAN PERJALANAN PULANG KEDAERAH MASING-MASING SEMOGA ILMU YANG DI PEROLEH BERMANFAAT BAGI PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN DIINDONESIA.(FOTO DOC.)

melanjutkan kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata dengan mengambil Tema = Peningkatan kompetensi SDM Kelompok Sadar Wisata(Pokdarwis) .

Tema tersebut mengimplementasikan dengan melaksanakan Study tour dengan tujuan agar peserta dapat memperoleh implementasi materi yang diterima setiap tatap muka dan melihat lansung implementasi pengembangan dan pembangunan didestinasi yang menjadi sasaran fisitasi study tour.

Dalam perjalanan study tour di Makassar peserta mendapatkan pendalaman materi dari Dosen Politekpar Makassar yang bawakan oleh Ilham, S.Pd,M.Hum, Ph.D .

Materi tersebut adalah tentang Peran dan Fungsi Pokdarwis dalam mengembangkan dan membangun Destinasi Wisata.

Sesudah Menerima Materi dari Bapak Ilham,S.Pd,M.Hum Ph.D maka peserta melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Bulukumba tepatnya di Desa Datubiah Kecamatan Bontobahati Kabupaten Bulukumba sebagai tujuan Study Tour.

Ditempat ini peserta mendapat kan materi dari Ketua Pokdarwis wisata dego dego an Indiz Essa Rutepar ,S.IP.

Materi Yang di bawakan tersebut adalah tentang  Tourism Strategi Perencanaan dan pembangunan Desa wisata Darubiah. Dan materi berikutnya dibawakan langsung oleh Ketua Bumdes Bapak Andi Arisviarini Fatma, S.Pd .

Materi ini adalahTata kelolah Desa Wisata Darubiah.

Dan selanjutnya dilaksanakan Fisitasi lapangan untuk melihat implementasi dari pengembangan Pembangunan Destinasi Wisata yang dikelola oleh Desa Wisata Darubiah.Kegiatan tersebut dihadiri Secara Langsung oleh kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bulukumba. Pada kesempatan tersebut Kadis Kebudaya dan Pariwisata Bulukumba menyerahkan Cendra mata,Perahu Penisih Sebagai Simbol Kabupaten Bulukumba.

Selanjutnya Peserta Study Tour tersebut melanjutkan kegiatan Di Hotel Kenari Tower untuk selanjutkan dilaksanakan kegiatan dibulukumba tanggal 9 April 2021.

Laporan =Langsung Kegiatan Study Tour Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat Yang dilaksanakan oleh Bidang Pengembangan Kelembagaan Dan Kemitraan Pariwisata Oleh ( Hj.Farida).

(EDITOR = Redaksi Metrosulbar Grup).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here