Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Bersama Kemenag Sosialisasi Pernikahan Remaja Usia Sekolah.

0
97

Metrosulbar com( Tapalang)-Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd ( bersama Kepala Kantor Kemenag Kab. Mamuju, Drs. H. Mahmuddin, M.Si Sosialasasi Pernikahan Remaja Usia Sekolah.
SMKN 1 Tapalang Barat mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Pranikah Remaja Usia Sekolah,  di Desa Pasa’bu, SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (20 Juli 2022).
Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. yang juga Pengurus / Wakil Sekretaris DPP-IARMI Sulbar Periode 2022-2026,  mengatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud kemitraan atau kerja sama yang dibangun bersama antara SMKN 1 Tapalang Barat dengan Kantor Kemenag Kabupaten Mamuju melalui KUA Tapalang Barat yang kantornya bertentangga dekat dalam satu wilayah Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju.
Disebutkan, bahwa kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah untuk menumbuhkan kesadaran agar para remaja jangan menikah di bawah umur atau di usia dini.
Karena banya dampak negatif yang ditimbulkan dari pernikahan di usia dini.
Kepala SMKN 1 Tapalang Barat, Sjahrir Tamsi, M.Pd., Kepala KUA, Husain, S.Ag., Kasi Bimas Agama Islam Kantor Kemenag Kab. Mamuju, H. usman, S.Ag. M.Si. juga sebagai Narasumber, di Pasa’bu SMKN 1 Tapalang Barat.
Menurut H. Usman, S.Ag. M.Si. sebagai salah satu Narasumber/Penceramah yang juga Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju, dan Mantan Kepala KUA Tapalang Barat, dan juga salah satu Pengurus DPP-IARMI Sulbar Periode 2022-2026, bahwa  dampak akibat nikah di usia muda antara lain :

1. Sering terjadi KDRT
2. Rentan terjadi  Perceraian;
3. Rentan terjadi kematian ibu dan anak saat  melahirkan;
4. Eksploitasi anak untuk bekerja sebelum usia dewasa;
5. Terjadi gejala-gejala STRES bagi suami dan istri;
6. Terjadi gejala gangguan kesehatan;

7. Kecenderungan istri yang menggugat cerai  Suami. Dan setumpuk permasalahan yang mungkin saja kedepan dapat terjadi.
Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tapalang Barat, Husain, S.Ag. yang juga Pengurus DPP-IARMI Sulbar Periode 2022-2026,  menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan dalam 2 (dua) sesi dan di tempat yang berbeda.
Sesi 1 di KUA Tapalang Barat dengan topik “Bimbingan Pranikah bagi  Calon Pasangan Pengantin” diikuti sebanyak 50 orang pasangan calon pengantin baru.
Sesi 2 di SMKN 1 Tapalang Barat dengan topik “Bimbingan Pranikah Remaja Usia Sekolah” diikuti sebanyak 150 orang Peserta Didik.
Hadir dalam kedua Sesi kegiatan ini adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju, Drs. H. Mahmuddin, M.Si.
Dalam sambutan dan arahannya Drs. H. Mahmuddin, M.Si mengatakan, bahwa dalam membangun suatu makhligai rumah tangga atau pernikahan, harusnya direncanakan dengan baik dan matang.
Ditambahkan pula bahwa kegiatan ini dapat terlaksana berkat dukungan dan fasilitas luar biasa dari Kepala SMKN 1 Tapalang Barat.
Karena itu sebagai Kepala Kantor Kemenag, dirinya sangat berterima kasih dan menyampaikan apresiasi yang tiada terhingga, kegiatan ini juga adalah wujud implementasi dan Kolaborasi Kantor Kementeria Agama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Sementara itu, unsur sekolah yang turut hadir antara lain : SAFRI Th, S.Pd. Wakasek 2 Bidang kerja sama IDUKA dan Pembinaan Peserta Didik, SIDRAWATI MAS’UD, S.Pd.I, selaku Guru Mata Pelajaran Agama Islam, serta sejumlah guru lainnya dan Staf SMKN 1 Tapalang Barat. Demikian juga sejumlah staf KUA Kecamatan Tapalang Barat turut hadir dalam acara tersebut.

Abdul Halid/ Metrosulbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini