Beberapa Titik Di Mamuju Dikepung Banjir.

0
48

METROSULBAR COM ( MAMUJU)-Dengan intensitas curas hujan yang sangat tinggi maka beberapa pemukiman penduduk terendam air sehingga mengakibatkan banjir dan merendam ruas jalan dan jalan trans Sulawesi dan perempatan lampu merah Simbuang Mamuju.
Kejadian ini pada hari  minggu tanggal 12 Juni 2022,dimamuju Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ).

Banjir setinggi pinggang orang dewasa dan berdasarkan pantauan media ini dibeberapa titik dalam kota Mamuju mengalami   banjir setinggi paha orang dewasa seperti hal nya diperumahan ( BTN )  lingkungan Sese.

Salah satunya yang terparah adalah perempatan lampu merah Simbuang. Terlihat, air sungai kerema  meluap ke pemukiman warga hingga ke ruas jalan trans Sulawesi.

Pantauan media ini, banjir yang merendam badan ruas jalan trans Sulawesi, membuat pengguna jalan harus berhati – hati. Bahkan Kendaraan yang hendak melintas dipaksa untuk tidak melintas hingga air benar – benar surut. Tidak hanya itu, kondisi jalan trans Sulawesi tepatnya di Desa Bambu Mamuju, yang juga terendam banjir mengakibatkan mengalami kemacetan kendaraan baik dari arah utara maupun selatan.

Ketinggian air yang menggenangi perkampungan warga bervariasi. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti jumlah rumah warga yang tergenang. Banjir juga ini mengakibatkan banyaknya kendaraan bermotor motor yang macet akibat tergenang mesin kendaraan terkena air.
“Parah, parah… pak, hanya hujannya tadi siang tapi sangat deras membuat Mamuju dimana – mana banjir. Yang paling parah itu disimbuang, sungai simbuang meluap hingga ke pemukiman warga, ” kata Kaco salah seorang warga.

Hingga saat ini, belum ada laporan resmi dari pihak terkait soal dampak banjir yang ditimbulkan terutama korban jiwa. Hanya sejumlah warga terpantau sebagian mengungsi ketempat yang aman untuk menghindari derasnya arus banjir.

Kutipan informasi Banjir 12 Juni 2022 adalah sebagai berikut=
A. GAMBARAN SITUASI
Hujan lebat yang terjadi di Kabupaten Mamuju mengakibatkan beberapa daerah terendam banjir.

Bukan hanya air yang memasuki rumah warga tapi juga beserta lumpur.
Selain itu akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan longsor terjadi di daerah Salunangka, Kelurahan Rangas, dan Dusun Tadui, Desa Tadui, Kecamatan Mamuju

B. LOKASI
1. Kelurahan Rangas
a) Sese Selatan
b) Sese Tengah
c) Sese Bia
2. Kelurahan Simboro
a) BTN Korongana
b) Simbuang 1
c) Simbuang 2
3. Desa Bambu
4. Desa Saletto
5. Jl. Ir Juanda (Transmigrasi), Kelurahan Mamunyu
6. Dusun Ampallas, Desa Tadui, Kec. Mamuju

C. DAMPAK
1. Rumah Warga dan Fasilitas Umum terendam
2. Jalan tertimbun longsor
3. Perabotan masyarakat terendam & hanyut

D. KEBUTUHAN
1. Tenda
2. Makanan Siap Saji
3. Selimut
4. Perlengkapan kebersihan diri
5. perlengkapan untuk membersihkan rumah

Infomasi terakhir:
Hujan masih terus mengguyur Kota Mamuju dengan intensitas sedang.

Dan dibeberapa lokasi yang terendam banjir mulai surut dan masyarakat mulai membersihkan rumah masing-masing.
Sampai Update ini di buat belum ada informasi korban Jiwa dan jumlah dampak serta kerugian yang ditumbulkan oleh banjir tersebut. Dan jika ada info lanjutan mohon rekan-rekan untuk menginformasikannya.

Sumber=POSKO PMI SULBAR.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini