Wow, Maling Hampir Curi Kerbau Seharga Ratusan Juta

0
96
Kerbau belang Mamasa (Foto: Kedi Liston Parangka/ Fms)

MAMASA, metrosulbar.COM –Dua ekor kerbau belang (doti salamba’) di Mamasa, nyaris dibawa kabur maling. Kerbau yang harganya mencapai ratusan juta rupiah itu, coba dirampok sekawanan pencuri, Senin dini hari (13/11).

Beruntung aksi pencurian itu kepergok sang pengembala ternak. Menurut keterangan Taya’ pengembala kerbau, awalnya dia bersama istrinya mendengar anjing peliharaannya menggonggong. Ia kemudian mengintip dari sela dinding rumahnya yang terbuat dari papan.

“Waktu saya dengar ada anjing menggonggong saya langsung intip,” katanya.

Taya’ menceritakan bahwa dirinya memang berjaga-jaga, karena siang sebelum kejadian, dirinya kehilangan tiga ekor ayam jantan jenis pillipin yang jika ditaksir harganya mencapai jutaan rupiah.

“Saya memang tidak ada tidur karna siangnya hilang ayamku, makanya saya jaga-jaga memang siapa tahu pencuri ayam datang lagi,” ucapnya.

Kondisi sekitar rumah tempat penggembalaan yang jauh dari pemukiman, ditambah penerangan listrik yang belum ada, membuat suasana sekitar tempat kejadian sepi dan gelap gulita. Taya’ menduga Itu membuat orang yang berniat buruk leluasa menjalankan aksinya.

Taya’ menjelaskan, saat mengintip dari balik dinding dirinya melihat satu orang sedang menarik dua ekor kerbau gembalaannya, sementara seorang lagi menunggu di jalan raya.

“Saya langsung mau keluar tapi nabilang istriku jangan keluar nanti kamu dicelakai,” jelasnya.

Kendati demikian, dirinya tetap keluar bermaksud ingin menyergap para pelaku yang ternyata berjumlah tiga orang karena seorang lagi menunggu di mobil.

“Saya keluar kejar itu pencuri, sempat saya parangi tapi tidak kena. Setelah itu pelaku berlarian kearah semak-semak dan menghilang,” tambahnya.

Keesokan harinya, Taya’ melaporkan kejadian tersebut kepada pemilik kerbau, Suryani T Dellumaja yang merupakan ketua KPU Mamasa. Suryani selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres Mamasa.

“Saya hanya pa’kambik (pengembala kerbau, red), itu kerbau punyanya ibu Suryani jadi saya laporkan kejadian itu kepada ibu,” tambahnya.

Pemilik kerbau, Suryani yang dikonfirmasi menuturkan, dirinya dihubungi pengembala kerbaunya sekitar pukul 05.00 Wita dan menyampaikan adanya kejadian tersebut.

“Tadi subuh saya dihubungi yang jaga kerbau kalau kerbau yang digembalakan hampir dicuri orang,” tuturnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Mamasa, AKP Yan Kasmarianto membenarkan adanya laporan dugaan percobaan pencurian.

“Sudah masuk laporannya, dan kami sudah panggil penggembalanya untuk dimintai keterangan sebagai saksi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa anggota Satreskrim sudah ke TKP dan mengamankan satu unit kendaraan yang diduga milik para pelaku, satu buah parang, tiga pasang sandal milik yang diduga para pelaku, dan dua ekor kerbau yang hampir dicuri.

“Kami sudah kantongi inisial orang yang diduga sebagai para pelaku percobaan pencurian kerbau dan kerbau yang hampir dicuri kami sudah liat juga,” jelasnya.(klp/tfk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here