WAGUB”Enny Angraeni Anwar”:Transmigrasi Berkontribusi Dalam Pertumbuhan Ekonomi

0
60
Oleh

Foto :Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar pada upacara peringatan Hari Transmigrasi 

 

METROSULBAR.COM–  68 tahun penyelenggaraan program transmigrasi mewarnai kehidupan bangsa Indonesia.
Ada suka duka, ada sukses dan ada pula kelemahan, namun terlepas dari semua itu transmigrasi telah berhasil membangun 3.608 satuan permukiman transmigrasi yang berada di 619 kawasan transmigrasi.

Diantaranya telah berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru berupa 1.182 desa definitive, 385 eks satuan permukiman transmigrasi berkembang menjadi ibukota kecamatan, 104 eks satuan permukiman transmigrasi mendukung ibukota kabupaten, serta dua ibukota provinsi.

Hal tersebut disampaikan Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar pada upacara peringatan Hari Bhakti Transmigrasi ke-68 tingkat Provinsi Sulbar yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulbar, Rabu, 12 Desember 2018.

“Kontribusi transmigrasi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia yaitu dengan mewujudkan kawasan transmigrasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Perkembangan ini sangat membanggakan kita semua, untuk itu saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas dukungan dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, serta masyarakat dan dunia usaha yang telah berkontribusi dan berkolaborasi melalui pergerakan berbagai sumberdaya dalam memajukan kawasan transmigrasi sehingga mampu berkembang menjadi pusat pengembangan komoditas pangan dan sekaligus sebagai embrio pusat pertumbuhan baru,” kata Enny

Ia juga menyampaikan, tercatat pada tahun 2018 total investasi melalui pola kemitraan dengan pengembangan prukades di kawasan transmigrasi mencapai Rp 15,97 triliun,

selain dengan pihak swasta kolaborasi pun dilakukan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah salah satunya dengan adanya sharing APBD dari daerah asal provinsi DIY dan Jawa Tengah kepada daerah tujuan di Kalteng, Kaltara dan Sulbar.

Pada kesempatan tersebut dirangkaikan dengan Hari Nusantara, dan memberikan penghargaan kekada salah seorang transmigran terbaik perwakilan dari warga Sinyonyoi. **

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here