Ķadis Pariwisata bersama Ketua Assosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Andi Yuwono,S.sos,M.Si bersama Staf Dinas Pariwisata Pasangkayu.(Foto Doc.Humas)

Advetorial : Kegiatan Ini Dipersembahkan Oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat Kerja Sama Harian Online Metrosulbar.

METROSULBAR COM  (Pasang Kayu)- Dinas Pariwisata Sulbar Pada Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Kemitraan Pariwisata telah melaksanakan kegiatan ” Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata.

Kegiatan ini di hadiri Oleh kadis Pariwisata Dan Pemateri Dibawakan Oleh Ketua Assosiasi Desa Wisata Indonesia(ASIDEWI) Bapak Andi Yuwono,S.sos,M.Si ,bersama Dinas Pariwisata Pasangkayu.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin tanggal 5 April 2021 bertempat di Hotel Trisakti Kabupaten Pasangkayu .

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta Masyarakat dalam pengembangan kemitraan Pariwisata khusus di Pedesaan. Adapun Tema kegiatan Tersebut adalah  :

” Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Pasangkayu”.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi penguatan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)  bagaimana menjalankan Peran, tugas dan fungsinya dalam menciptakan Sapta Pesona dilingkungan Destinasi dan Desa Wisata yang ada didaerahnya.

Dalam bidang kelembagaan pada kesempatan tersebut melaksanakan  kegiatan ini tidak hanya memberi teori tentang Tata Kelolah Destinasi wisata dan Desa Wisata, dalam Pengemasan Produk wisata menjadi Paket Wisata.

Untuk memahami hal tersebut maka bidang ini me- lanjutkan kegiatan Implementasi Lapangan Study Banding) Dikabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan sebagai Percontohan destinasi Wisata yang ada diSulawesi Selatan.

Dengan mengambil Rancangan pengembangan dan pembangunan Pariwisata yang telah dilaksanakan oleh Desa Darubia Kabupaten Bulukumba yang telah membuat Desa Wisata dan Destinasi wisata Dego-dego yang dikelolah oleh Bumdes(Badan Usaha Milik desa) dan Pokdarwis Desa Darubia.

Dan insyah Allah akan kami lanjutkan kegiatan Study Banding ini mulai tanggal 8 Sampai tanggal 11 April 2021 yang akan datang dan yang membidangi  hal tersebut merupakan Pengembagan kelembagaan dan kemitraan Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat .

Kedepan mengharapkan Dinas Parawisata provinsi Sulawesi barat ,mengharapkan kepada peserta pokdarwis dari Kabupaten Pasangkayu,  dapat langsung mengimplementasikan didaerah Pasangkayu,degan menunjukkan adanya Destinasi Wisata dan Desa Wisata yg dikelolah Bumdes dan Pokdarwis. sehingga program kegiatan baik dari dinas pariwisata Kabupaten dan Dinas Pariwisata Provinsi dapat lebih terarah penanganannya dan Pengawasannya.

Kegiatan ini  berlangsung Sukses dan tetap menggunakan Protokol kesehatan Serta memakai Masker agar dapat memutus Virus Corona ,Covid-19 Sebagai mana Anjuran Pemerintah.

( Redaksi : Harian Online Metrosulbar).

Sumber Berita : Humas Dinas Pariwisata Provinsi Sulbar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here