Pengelolaan Dana Desa Di Kecamatan Papalang Menui Sorotan.

0
39

Laporan khusus:Tim Wartawan Metrosulbar.com Di Kecamatan Papalang.

METROSULBAR.COM (SULBAR)-Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Papalang Mendapat sorotan sebab  belum berjalan efektif.
Hal itu disampai kan masyarakat Desa Papalang pada Saat Tim Wartawan bertanda didaerah itu.Masyarakat yang bernama Andi menyampaikan pada tim Wartawan bahwa Dana Desa Didaerah ini peruntukan nya tidak jelas padahal Tujuan Dana Desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa utamanya infastruktur didesa harus sesuai dengan harapan pemerintah Pusat bukan hanya oknum yang memperkaya diri sendiri.Unkap Andi warga Desa Papalang..
Secara garis besar, Dana Desa di gunakan untuk Pembangunan Infrastruktur (fisik) dan Pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa.
Sebut saja salah satunya adalah BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa sebagai Badan Usaha di desa yang di Danai secara husus untuk menangani pengelolaan usaha masyarakat sesuai dengan potensi yang ada dengan cara menyiapkan permodalan.
Namun yang terjadi masih sangat jauh dari harapan. Para pengurus BUMDES tidak memiliki kemampuan mengelola potensi yang ada di Desa, tapi sangat mengherankan adalah sudah ada penyertaan Modal yang di berikan oleh Pemerintah Desa tapi pengelola tidak memiliki jenis usaha yang produktif. Misalnya Desa Bonda Kecamatan Kalukku Kab.Mamuju bahwa pada waktu di lakukan Monitoring oleh Pendamping Lokal Desa terhadap progres BUMDES, di sini sulit untuk mendapatkan informasi dengan baik. Pada saat di lakukan interaksi atau konfirmasi ke staf Desa (sekdes) tapi hasilnya nihil. Pada saat di tanyakan Siapa pengelola Bumdes Desa Bonda, apa jenis Usahanya dan bagai mana perkembangannya, Sekdes mala balik bertanya ada apa untuk apa. “Ada apa untuk apa, maaf saya belum bisa layani saya sibuk”.

( TIM Investigasi/Rek 01)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here