LAPORAN :  KHAS REDAKSI/L.MUHADI

MAMUJU(METROSULBAR.COM-Pulau karampuang salah satu obyek Wisata didepan pesisir pantai mamuju,yang ditempuh dengan jarak waktu sekitar 20 menit bila menggunakan dengan Kapal kayu milik warga pulau karampuang yang setiap saat mendarat dijembatan batu ,menunggu para wisata dan wisatawan yang sedang berlibur pulau Karampuang.

Pulau karampuang merupakan bagian dari Ibu kota Mamuju yang memiliki luas sekitar 6 KM persegi dan salah  pulau yang terpopuler  di sulawesi barat sebagaiu tempat Wisata yang terindah.Pulau karampuang berasal bahasa Mamuju kalau diartikan dalam bahasa indonesia adalah Rembulan atau bulan Purnama.

Nama Asli pulau itu adalah liutang namun seorang Biduan Mamuju, ( Raja Mamuju Andi Maksum ) Memuji keindahan pulau itu ibaratkan Rembulan dalam sebuah lagu Berjudul Karampuang.

” Dihari Minggu yang penuh Ceriah Polda Sulawesi Barat ,melalui Kabid Humas AKBP Hj Mashura,Mengajak Kaum Insan Pers didaerah ini sekaligus represing kepulau Karampaung untuk melihat secara langsung keindahan Obyek Wisata Dipulau Karampuang.

Yang menarik dipulau Karampuang melihat keindahan laut dengan terumbung karang yang indah sehingga Rombangan Polda Sulbar bersama insan Pers Setibanya,pada sebuah Dermaga Kayu Sepanjang 500 M,Rombangan Langsung Istirahat Sambil menunggu Rombangan Kapolda Bersama  Gubernur Sulawesi Barat dan  Korem untuk menghadiri Acara rangkaian Kegiatan Hari Hut Sulbar Ke-14 yang diselenggarakan Dinas Parawisatan Sulawesi Barat.

Namun Karo SDM Polda Sulbar Kombes Pol.Dien Irhastini,mengajak insan Pers untuk menyelam(Skin Diving)melihat secara langsung keindahan bawah laut lebih dekat.

Menurutnya Skin diving atau menyelam adalah untuk menyalurkan hobi sedikitnya 3 kali seminggu”.

“Yang Menarik pulau karampuang terdapat sumur tiga rasa yang sering disebut sumur jodoh. Sumur jodoh tepat nya berada dibagian Pulau Karampuang, banyak masyarakat percaya sumur ini bisa mendatangkan Jodoh bagi siapa saja yang masih Perjaka atau yang masih gadis yang meminum air sumur Jodoh.Rasa air disumur Jodoh itu memiliki tiga Rasa dan yang berkunjung keobyek Wisata Karampuang akan mau mengunjungi Sumur Jodoh.

-Dipulau itu juga terdapat Sebuah goa yang diberi nama dengan goa lidah.Terdapat tangga yang bisa digunakan untuk menyusuri goa yang hingga kedalaman. Letak Pulau Karampuang sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari bibir pantai Mamuju Sulawesi Barat.

Dinas Parawisata punya Tugas berat untuk Menata sekaligus pembenahan kedepan agar obyek wisatawan Karampuang tetap Terjaga keindahannya utamanya terumbung karang yang masih indah dilihat oleh para penyelam (bagaikan surga Diving dan Snorkeling yang menarik disiang Bolong

(ODE).

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here