Metrosulbar com (Polman ) — Momentum Hari Guru Nasional (HGN), Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Polman Hj.A.Nursami Masdar didampingi Sekretaris Diknas Hamkah Rasyid bersama Kabid Pendidikan dan Pengajaran( Dikjar) Nurman melakukan anjangsana kerumah guru yang telah Purna Bakti masa 10 tahun

Kegiatan ini merupakan inisiatif Hj.Andi Nursami Selaku kepala Dinas pendidikan Polman dalam memperingati HGN,kegiatan ini disambut baik oleh para Pensiunan yang telah kunjungi

Salah satu Pensiunan kepala Sekolah H.B Aminuddin yang dikunjungi bertempat di belakang Hotel Ratih lingkungan Tanro Kecamatan Polewali, Aminuddin mengatakan Dirinya telah memasuki masa pensiun selama 14 tahun , akhir masa jabatannya di SDN 30 Binuang , dan menjabat sebagai Kasek hampir 30 tahun .

Ia mengakui dijamannya banyak yang tidak ingin menjadi guru sebab penghasilan/gaji yang diterima hanya untuk makan saja,belum lagi sarana dan prasarana serba kekurangan,namun keikhlasan dan pengabdian merupakan kunci utama menjalani tugas sebagai guru untuk menciptakan generasi Polman yang sukses , bermoral dan beretika .” Ucap H.B. Aminuddin mengisahkan .

Lanjut H.B. Aminuddin mengatakan Dirinya sangat mengapresiasi atas kedatangan kepala Dinas Hj,Andi Nursami Masdar dengan menyambangi para pensiunan guru diatas masa 10 tahun , ini adalah hal yang pertama kali dilakukan selama sejarah Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten Polman.Ujarnya

” Saya sangat bangga dan mengapresiasi ananda Hj. A. Nursami , dengan mengunjungi saya dan pensiunan guru lainnya , kami merasa dihargai dan tidak merasa dilupakan , kami merasa dibutuhkan kembali , di jaman dirinya mengabdi , dirinya rela berjalan kaki 6 km kesekolah untuk melaksanakan tugas sebagai guru , gaji cuman 40 Rupiah hanya untuk makan , dicukup cukupkan , terkadang jika dirinya tak memiliki uang sama sekali untuk memenuhi hidup , Alm H.Masdar dikenal dengan sapaan Puang Masdar , ayahanda dari Kadis Pendidikan Hj. Nursami , memberinya uang untuk belanja ucapnya dengan nada tersendat haru

Disinggung dengan keadaan Dunia pendidikan sekarang , H.B. Aminuddin mengatakan Sangat luar biasa , baik sarana dan prasarana dan jaminan kehidupan berupa penghasilan guru dengan berbagai tunjangan sampai sertifikasi dari pemerintah sangat istimewa, seharusnya guru lebih profesional dalam menjalankan tugas , tidak hanya sekedar datang mengajar bahkan tidak jarang ditemui sebahagian guru terlambat ke sekolah menunaikan tugas atau datang mengajar dan pulang setelah mengajar sampai dikenal istilah 710 , jam 07:00 datang pulang jam 10:00 stelah mengajar . ” Jelas H.B. Aminuddin mengeritik .

Di jamannya tahun 60 an , bangunan sekolah hanya 3 ruangan disekap 6 , tempat duduk dari Bambu 2 ruas sedang meja dari papan selembar , bahkan ada sekolah menumpang dibawah Kolong rumah warga . Kisah H.B. Aminuddin .

” Jadilah guru yang ditiru dan diguguh jangan jadi guru lambat datang cepat pulang , kerjalah dengan baik ,guru tidak hanya mengajar tapi juga mendidik dan membina murid agar anak- anak memiliki etika , bekerjalah profesional agar gaji dan penghasilan yang diberikan pemerintah berkah . ” Pesan H.B. Aminuddin .

Lanjut H.B. Aminuddin mengatakan Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh Hj A. Nursami dengan menyambangi kami dalam momentun Hari Guru Nasional dapat berkesinambungan dan dilaksanakan tiap tahunnya oleh pejabat siapapun nantinya di Diknas memimpin , sambil berharap dan berdoa semoga H.A. Nursami diberi Kesehatan dan keberkahan dalam menjalankan tugas kedepannya .

Sementara itu Kabid Pendidikan dan Pengajaran Dikbud Polman Nurman mengatakan , Kegiatan menyambangi para pensiunan guru merupakan inisiatif Kadis Diknas H.A.Nursami, untuk anggaran pelaksanaannya murni pribadi A. Nursami. Kata Nurman .

Lanjut Nurman, dalam anjangsana ini , H.A.Nursami menyerahkan penghargaan kepada para pensiunan guru atas dedikasinya selama menjadi guru yang telah memberikan sumbangsinya terhadap dunia pendidikan dan telah berhasil menciptakan generasi yang se saat.

Erwin Biro Polman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here