Oleh : Herly Said,Bsc.Ac.
Ketua Umum FOPI Sulawesi Barat.
————————————————————

METROSULBAR.Com-Cabang olahraga Petanque pertama kali muncul di  Provinsi De La Ciotat Perancis tahun 1907. Nama Petanque berasal dari kata Les Ped Tanco, yang artinya Kaki Rapat. Petanque dalam bahasa Perancis diucapkan “Pe.ta:k” yang artinya melempar Bola Besi (Bosi)  sedekat mungkin dengan bola kayu (Boka).
Sehingga dalam bermain Petanque melempar Bola besi dengan kaki rapat dalam garis lingkaran kecil.
Olahraga Petanque di Indonesia dikenal setelah adanya Federasi Olahraga Petanque Indonesia atau FOPI yang didirikan pada tanggal 18 Maret 2011, dan mengikuti Sea Games XXVI Tahun 2011 di Jakabaring Palembang.
Bermain Petanque menggunakan Lapangan ukuran 4 x 14 meter diatas tanah padat yang dilapisi pasir dan kerikil, sangat mudah membuatnya dan tidak memerlukan banyak biaya.
Cara bermain Petanque denganter lebih  dahulu melempar bola kayu ( Boka) mendekati bola kayu dengan peserta sesuai
Nomor pertandingan terdiri 11 Nomor, yaitu,  1.singel man,  2. singel women 3.Doble man, 4.Doble women, 5.Doble mix, 6.triple 2 man 1 women, 7.triple 2 women 1 man,. 8. Shooting man, 9.  Shooting women. 10. Triple man 11. Triple women.
Perolehan angka tertinggi dalam Permainan maksimal 13, tim yang terlebih dahulu mendapatkan angka tersebut dinyatakan sebagai pemenang.
Jarak lemparan bola kayu antara 6 sampai 10 meter yang menjadi sasaran Bola besi untuk di dekatkan.
Apabila bola lawan sangat dekat dengan bola kayu, maka dapat kita jauhkan dengan cara melempar dan kena bola lawan tersebut sehigga jauh dan bola  kita yang dekat dan mendapat poin. Begitu seterusnya.
Kepengurusan cabang olahraga Petanque di Indonesia, Pengurus Besar di Pusat dan sudah terbentuk 22 Pengurus Provinsi di Indonesia dan Sulawesi Barat Provinsi yang ke 19 dan sudah dibentuk 5 Pengurus Kabupaten.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here