Masyarakat Harus Cermat Melihat Jenis Bantuan Akibat Dampat Covid-19

0
273

METROSULBAR ONLINE >Persoalan yang rumit ditengah-tengah masyarakat kita harus dapat membedakan jenis-jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar tidak terjadi tumpa tindih kepada yang berhak menerimanya.

“Bantuan Kepada masyarakat Akibat Dampak  Covid- 19 pemerintah pusat mengambil kebijakan untuk menurunkan berbagai bantuan  kepada masyarakat umum,agar perluh dicermati bersama sehingga bantuan tersebut tidak tumpa tindih kepada yang berhak menerimanya,sehingga pengambil kebijakan dalam menyalurkan bantuan itu tepat sasaran.
Adapun kebijakan Pemerintah itu dalam memberikan bantuan kepada seluruh lapisan masyarakat agar bantuan itu tepat sasaran dan tidak tumpa tindih dalam hal menyalurkannya  adalah sebagai berikut  antara lain;
1. Bantuan berbentuk PKH
2. Bantuan berbentuk BPNT
3. Bantuan BLT Dana Desa
4. Bantuan BLT Kementerian/kemensos
5. Bantuan BLT APBD
8. Bantuan berupa Sembako APBN
9. Bantuan Sembako APBD

Ini harus dibedakan supaya kalau mau melkaukan protes tidak muncrat kembali dalam hal melakukan koreksi terhadap penyaluran bantuan .

PKH adalah program keluarga harapan, bentuknya uang tunai langsung masuk rekening masing-masing masyarakat yang telah didata dalam bentuk data best.

BPNT (dulu namanya Raskin) adalah Bantuan Pangan Non Tunai, bentuknya berupa Bahan Makanan yang disalurkan melalui Kios Desa yang ditentukan oleh bank Mandiri kerjasama TKSK kecamatan yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

BLT Dana Desa adalah Bantuan Tunai dari Desa Masing-masing,
(ingat bukan untuk kelurahan ya tapi desa yang akan menyalurkannya)
Besarannya 600 ribu per bulan direncanakan selama 3 bulan. Nah Bantuan Langsung Tunai dari Dana desa Peruntukan nya dan perlakuan ada 3 (tiga) Poin yang perluh diperhatikan.
I. Bagi Desa yang belum Cair Dana Desanya pada  Tahap pertama ( I), maka akan diprioritaskan untuk BLT Covid- 19.
II. Bagi desa yang telah cair Dana Desa Tahap 1(pertama) , namun belum habis dibelanjakan, maka diprioritaskan untuk BLT Covid – 19.
III. Bagi desa yang telah mencairkan Dana Desa pada Tahap I (pertama) dan telah habis dibelanjakan, maka segera bermohon Tahap II diprioritaskan untuk BLT Covid -19.

“Pertanyaan, siapa yang dibantu BLT Dana Desa? Jawab: adalah warga desa yang penghasilannya yang rendah akibat dampak Pandemi wabah virus corona ( terdampak Covid -19) dan bagi warga desa rentan sakit, atau sakit- Sakitan . Dengan demikian ada Desa lebih duluan beri bantuan ada juga terlambat beri bantuan karena prosesnya tadi diatas itu Tahap I, Tahap II.

BLT kementerian Sosial adalah bantuan berbentuk Tunai Berdasarkan DTKS Dinsos diperuntukkan bagi rata-rata perkotaan atau kelurahan dan juga dipedesaan.

BLT APBD adalah juga bantuan Tunai Dari Dinas Sosial juga diperuntukkan bagi masyarakat yang belum Dapat BLT Dana Desa atau lainnya.

Sembako APBN adalah bantuan berupa bahan makanan yang bersumber dari pemerintah pusat langsung secara langsung.

Sembako APBD adalah juga bantuan berupa bahan makanan yang bersumber dari APBD provinsi dan Kabupaten.

Kesimpulanya adalah sebagai berikut :

“Ternyata bantuan itu banyak yang turun dari Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan yang bertanggungg jawab secara sendiri sendiri” .

1. PKH itu penanggung jawabnya kememterian sosial yang ada  pusat . Data dari mereka .yang pegang untuk setiap desa memang tidak dilibatkan . Dan  ada Pendampingnya pada suatu wilayah yang kena bantuan.

2. BPNT itu penangging jawabnya Dinas Sosial   dan pembagiannya oleh Dinas sosial secara langsung.

3. BLT DANA DESA ini baru jadi tanggumg jawabnya pemerintah yang ada di pedesaan.

4. BLT PUSAT ini tanggung jawabnya Kementrian Sosial pusat juga dan daerah.

Dan Semua Bantuan di harapkan tidak tumpang tindih atau ganda yang berhak menerimanya. Kepada Sejumlah Lembaga Sosial Masyarakat (Lsm) maupun Aparat Kepolisian untuk membantu secara langsung agar penyaluran bantuan tersebut tidak tumpa tindih kepada yang berhak menerima bantuan itu sesuai dengan harapan pemerintah pusat dan daerah .
(Tim Redaksi Metrosulbar/Dkk🙏🙏🙏🙏).

Sumber = Berbagai Sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here