Longsor Picu Kemacetan Lalin Poros Polewali-Mamasa

0
91
Alat berat bersihkan material yang menutup jalan (Foto: Asrianto/Fms)

POLEWALI, metrosulbar.COM– Akibat tak mampu menahan beban berat, sebuah tebing setinggi lima puluh meter di Dusun Arra’, Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Polman, mengalami longsor. Akibatnya, jalan trans penghubung dua kabupaten terputus.

Longsor yang terjadi, Selasa (31/10) siang, sekira pukul 12:00 WITA ini menutup seluruh badan jalan. Akibatnya, jalur ini tidak dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat dari dua arah.

Jalan ini merupakan satu-satunya jalur penghubung antar dua kabupaten yakni Polewali Mandar dan Kabupaten Mamasa. Beruntung saat kejadian, tak ada kendaraan yang sedang melintas sehingga tak menimbulkan korban jiwa.

Material longsor bebatuan dan batang pohon menyulitkan aparat membersihkan jalur. Aparat kepolisian dan TNI bersama pemerintah kecamatan setempat berkoordinasi dengan dinas PU kemudian mendatangkan alat berat untuk membuka akses jalan.

Setelah tertutup selama satu jam, jalur ini pun sudah dapat dilalui kendaraan dari dua arah. Longsor juga mengakibatkan kemacetan panjang sejauh satu kilo meter.

Kapolsek Polewali AKP Mansur yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, wilayah tersebut memang rawan longsor dikarenakan tebing di daerah itu sangat terjal dan materialnya bercampur batu, sehingga tanahnya diduga sangat labil.

“Kami himbau kepada pengendara agar berhati-hati jika melintas, dan melihat tebing yang berpotensi longsor, apalagi ini sudah masuk musim hujan,” tutur Mansur. (ant/har)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here