KPU Mamasa Siap Verifikasi Calon Perseorangan

0
8
Suryani T Dellumaja (Foto: dok fms)

MAMASA, FOKUSMETROSULNAR.COM–Mengantisipasi jika dalam Pilkada Mamasa tahun 2018 ada calon perseorangan, KPU Mamasa menyatakan siap untuk semua tahapan bila ada calon perseorangan.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Mamasa, Suryani T Dellumaja, Rabu (25/10).

“Yang pasti kita siap, cuma anggaran Pilkada jika ada calon perseorangan baru akan kita komunikasikan ulang ke pemerintah daerah,” kata Suryani, ditemui di kantornya.

Ia menjelaskan anggaran jika ada calon perseorangan memang belum disiapkan dalam anggaran yang telah dituangkan dalam NHPD, namun dirinya menuturkan pemerintah daerah siap mengadendum anggaran jika nantinya ada calon independen.

Ia menuturkan tahapan awal untuk calon perseorangan akan dimulai bulan November mendatang. “Tanggal 25 sampai 29 November itu tahapan awalnya, penyerahan syarat dukungan ke KPU berupa e-KTP dan surat keterangan,” tuturnya.

Suryani lanjut menuturkan persyaratan dukungan bagi calon perseorangan yakni 11.755 e-KTP dan suket atau 10 persen dari DPT terakhir yang sebesar 117.541. “Untuk penyebaran dukungan itu tersebar diminilal 50 persen dari jumlah kecamatan atau minimal di 9 kecamatan,” lanjutnya.

Ia menambahkan semua data dukungan yang masuk akan diverivikasi faktual sesuai data yang diserahkan.

“Data yang dimasukkan berupa syarat dukungan, syarat administrasi, faktual e-KTP apakah benar mendukung atau tidak,” tambahnya. (klp/har)

LEAVE A REPLY