Kapolda Himbau Tingkatkan Pengawasan Dana Desa

0
81
Kunjungan Kapolda Sulbar ke Polman (Foto: Asrianto/ Fms)

POLEWALI, metrosulbar.COM–Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol Drs. Baharuddin Jafar, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dan silaturrahmi ke Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Kamis, (9/11).

Kegiatan yang berlangsung di gedung Gadis ini juga dirangkai dengan apel besar 4 (empat) pilar kepala desa, Bhabinkantibmas, Babinsa, dan penyuluh agama.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Jafar, dalam sambutannya mengatakan, situasi masyarakat desa perlu menjadi perhatian kita semua, perubahan pada masyarakat pedesaan dilakukan karena pola pikir masyarakat (terutama generasi tua) masih didasarkan pada tradisi. Letaknya yang terpencil dan komunikasi tertutup menghambat komunikasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sehingga tidak jarang kita menemukan adanya kebijakan pemerintah pusat yang tidak diketahui masyarakat desa.

“Perlu adanya komitmen bersama dan pengawasan intensif dari para pemangku kepentingan dalam rangka membangun akuntabilitas pengelolaan keuangan desa khususnya terkait dana desa, agar kepala desa beserta perangkatnya dapat mengelola keuangan desa secara akuntabel,” ujarnya.

Komitmen tersebut dituangkan dalam kesepakatan antara Polda Sulbar dengan Pemerintah Provinsi Sulbar, Korem 142/Tatag, dan Kementerian Agama Provinsi Sulbar. Hal itu bertujuan untuk menjalin sinergitas diantara para pihak guna medukung pembinaan potensi masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban, sehingga mendukung percepatan pembangunan di desa.

Kapolda menuturkan, dengan kesepakatan bersama ini, diharapkan agar empat pilar mengikuti sejak Musrenbang sampai dengan realisasi sehingga pembangunan di desa dapat terwujud dan empat pilar membuat terobosan untuk menciptakan lapangan kerja bagi warga di desa, sehingga pembangunan di desa dapat turwujud.

“Saya harapkan emapat pilar ini dapat bekerja sama dalam pengawasan dana desa, untuk mewujudkan itu semuanya harus diawali dengan perbaikan ahklak masing masing,” tutup Kapolda.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Polman Drs. H. Andi Ibrahim Masdar, Sekda Kab Polman Andi Ismail MM, ketua DPRD kab Polman Ir. Fariruddin Wahid, M.Si,  Kapolres Polman AKBP Muh. Rifai, SH, SIK, Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setya Arianto, Kajari Polman M Rudy SH, Ketua Pengadilan Agama Polman Drs. H. Hasbi. MH, ka. Lapas kelas II B Polewali Haryoto S. Sos, Ketua FKUB Polman Drs. H. Saddong Bani, Imam Masjid Syuhada Polewali Ustadz Muh. Fauzi Al Mahdali, Kepala Desa Se-Kab Polman, Bhabinkamtibmas, Babinsa Wilayah Polman serta sekitar 500 Orang Majelis Taklim dan Tamu undangan.
(ant/tfk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here