METROSULBAR COM (Mamuju )> “Mens Sana In Corpore Sano”, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat merupakan bunyi ungkapan dari pepatah populer sekaligus mencerminkan kegiatan senam segenap insan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag Sulbar) di akhir pekan ini, jumat (03/07).

Senam rutin yang dilaksanakan Kanwil Kemenag Sulbar kali ini terasa sangat istimewa karena dirangkaikan dengan peresmian “Kebun Bersinergi”. Penamaan tersebut diambil tidak lain sebagai konsep untuk mempererat sliaturahmi. Setiap satuan kerja di lingkup Kanwil Kemenag Sulbar disipakan lahan untuk menanam sebuah bibit dengan harapan di masa mendatang bisa dimanfaatkan hasilnya oleh insan Kanwil.

Ka.Subbag Umum dan Humas H. M. Sahlan sebagai pemrakarsa kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa ide membuat kebun diinisiasi oleh Cleaning Service yang sangat sejalan dengan harapan Ka.Kanwil Kemenag Sulbar yaitu pemanfaatan lahan sekitar Kanwil secara maksimal.

Lebih lanjut lagi beliau menjelaskan, “yang kita lakukan adalah sebuah lahan yang hijau dan subur namun tidak terawat lalu kemudian pada hari ini kita mencoba untuk agar lahan hijau ini bisa menghasilkan sesuatu”.

“Yang kita lihat ini kita menanam pisang dan nanti kemudian ada beberapa macam tanaman yang sifatnya jangka panjang dan pendek, sebagaimana arahan Pak Ka.Kanwil dan Ka.Bag TU agar kita bisa merasan hasilnya,” tutup H. M. Sahlan.

Dalam kesempatan yang sama Ka.Bag TU Kanwil Kemenag Sulbar H. Syamsul menjelaskan 2 konsep yang bisa dipetik dari kegiatan tersebut, yaitu sebagai simbol sinergitas dan hasil yang akan dituai di masa yang akan datang.

“Ada 2 hal yang bisa diambil dari konsep kegiatan hari ini, yang pertama dilihat dari simbol sinergitas dimana kita melalui perwakilan tiap bidang secara bersama-sama menanam di Kebun Bersinergi ini, dan yang kedua dilihat dari sisi hasil tanaman, apa yang ditanam hari ini dapat dipanen hasilnya dengan maksimal di kemudian hari. Nanti bisa dilihat tanamannya siapa yang paling berhasil, paling subur,” ungkap H. Syamsul.

Meresmikan “Kebun Bersinergi”, Ka.Kanwil menyampaikan bahwa dimulainya inovasi ini dalam rangka mempererat silaturahmi dan sekaligus sebagai salah satu bentuk percepatan penangana Covid-19.

“Setiap instansi atau keluarga dalam kondisi Covid-19 ini memang harus ada program menjaga ketahanan pangan dan ini sudah dilakukan instansi lain dan alhamdulilah kita juga ikut dalam menindaklanjuti bagaimana ikut serta mengolah lahan yang masih kosong dapat dimanfaatkan dan membawa maslahat bagi kita semua”, jelas H. M. Muflih sebelum meresmikan “Kebun Bersinergi”.

Pada prinsipanya sebuah lingkungan hijau mempunyai beberapa fungsi bagi masyarakat, salah satunya dalah fungsi Jasa Lingkungan yang diperlukan untuk memberikan satu info mengenai dampak ekologis tentang bagaimana mencapai lingkungan yang baik.

Setelah diresmikan, kemudian dilakukan penanaman bibit tumbuhan oleh Ka.Kanwil H. M. Muflih dan Ka.Bag TU H. Syamsul dan sejumlah bidang, diantaranya Bidang Phu oleh H. Suharli, Bidang Madrasah diwakilkan oleh Tauhid, Bidang Bimais oleh H. Misbahuddin, Bidang PAKIS oleh H. Ahmad Barambangy, Bimas Buddha oleh TS. Haryanto, Bimas Hindu oleh I Wayan Suparka, Bimas Katolik diwakilkan oleh Seyti Karundeng dan Bimas Kristen diwakili oleh Marta Sangka.

RILIS =Humas Kemenag Sulbar(RK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here