Kabid Paud dan Dikmas Jayapura Meresmikan Pembukaan Sekolah Paud TK & KB Tunas Nusantara Jaya

0
12

Jayapura – Kepala Bidang Paud dan Dikmas Kabupaten Jayapura, Milka Hernawati Reba, melakukan kunjungan kerja ke lokasi yang akan dibangun sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Jl. Padang Pasir, RT. 003/RW. V, Kelurahan Sentani Kota, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (30/10/2018).

Dalam kunjungannya itu, Reba meninjau secara langsung penyiapan lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan gedung dan fasilitas sekolah Paud TK dan KB (Kelompok Bermain) Tunas Nusantara Jaya Kabupaten Jayapura, yang akan dikelola oleh Yayasan Tunas Nusantara Jaya yang dipimpin oleh Sem Gombo, S.Kom. Pada kesempatan itu, Kabid Paud dan Dikmas Jayapura itu ingin memastikan dan memverifikasi areal bakal pembangunan fasilitas pendidikan yang direncanakan oleh pengelola Yayasan.

“Awalnya, kami sering komunikasi melalui telpon seluler dan Bapak Thomas (pengurus Yayasan Tunas Nusantara Jaya lainnya – Red) juga sering bertemu di ruang kerja Ibu Reba untuk memintah Surat Ijin Operasional dan Surat Rekomendasi atas nama Lembaga/Yayasan Tunas Nusantara Jaya. Namun Ibu Reba masih ragu atas upaya serta keseriusan kami selama ini untuk membangun sekolah Paud,” jelas Gombo yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PPWI Papua itu.

Kami juga sadar, lanjut Gombo, bahwa Ibu Milka Hernawati Reba selaku Kepala Bidang Paud dan Dikmas juga sangat selektif, tidak bisa keluarkan surat ijin operasional atau surat rekomendasi tanpa beliau mengetahui atau melihat terlebih dahulu lokasi rencana pembangunan dan para anak didik kami. “Oleh sebab itu Ibu Reba juga bertahan terus sampai pada kesempatan ini beliau bisa hadir untuk berkunjung ke lokasi. Kami atas nama kami pengurus Yayasan Tunas Nusantara Jaya sangat berterima kasih atas kunjungannya,” imbuh Gombo dengan rasa senang dan bahagia atas kunjungan tersebut.

Atas kunjungan Milka Hernawati Reba selaku kepala bidang Paud dan Dikmas Kabupaten Jayapura ke lokasi membuat status Yayasan Tunas Nusantara Jaya selama ini secara aturan belum terdaftarkan di Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, akhirnya bisa didaftarkan secara resmi. “Pada hari ini Selasa, 30 Oktober 2018 pukul 11.45 WIT secara resmi Lembaga atau Yayasan Tunas Nusantara Jaya langsung didaftarkan oleh petugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura. Ketika ibu Milka Hernawati Reba datang berkunjung ke lokasi, Ibu Reba sangat senang sekali begitu melihat anak didiknya jumlah cukup banyak, tidak kurang dari 30 anak didik, dan semua orang tua anak juga sangat antusias, ikut hadir sambil membawa anaknya sekaligus memberikan dukungan atas rencana kami untuk membuka sekolah Paud TK dan KB Tunas Nusantara Jaya Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua,” ujar Gombo bersemangat.

Dalam sambutannya, Milka Hernawati Reba mengatakan bahwa dirinya sangat senang melihat anak didik Paud TK Tunas Nusantara Jaya yang cukup banyak. Namun, ia juga berterus terang sangat menyesal karena anak-anak Papua ini belum bisa terurus pendidikannya dengan selayaknya. “Anak didik sudah cukup banyak tapi tidak ada yang urus atau bina bina mereka dengan baik,” katanya.

Untuk itu, lanjut Reba, ia sangat mengapresiasi usaha para pengurus Yayasan Tunas Nusantara Jaya, Bapak Sem Gombo, S.Kom selaku Ketua Yayasan beserta Bapak Thomas. “Saya sangat menghargai usaha dan kepedulian pengurus Yayasan Tunas Nusantara Jaya, Bapak Sem Gombo dan Bapak Thomas,” imbuh Reba.

Di akhir sambutan dan arahannya, Milka Hernawati Reba menyatakan secara resmi atas nama Pemerintah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura membuka Sekolah Paud TK dan KB Tunas Nusantara Jaya. “Saya, atas nama Pemerintah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura menyatakan resmi membuka Sekolah Paud TK dan KB Tunas Nusantara Jaya Kabupaten Jayapura Provinsi Papua di sini, lokasi ini. Maka saya harap mulai hari ini kegiatan proses belajar mengajar segera memulai,” tegasnya yang disambut tepuk-tangan meriah semua yang hadir.

Pada acara yang sama, ketika memberikan sambutannya, Ketua RT 003 Henna, Icnatius Pangkali menyampaikan terima kasih kepada Sem Gombo dan jajaran pengurus Yayasan Tunas Nusantara Jaya atas jerih-payahnya mengusahakan pendirian Sekolah Paud TK dan KB di daerahnya. “Atas nama Pemerintah Rukun Tetangga 003, saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Sem Gombo, yang telah mau membuka sekolah Paud di tempat kami ini. Saya secara pribadi dan atas nama pemeerintah saya mengatakan bahwa masalah tempat aman dan terkendali, karena pemilik tanah sendiri sudah serahkan tanahnya untuk bangun sekolah Paud di tempat ini. untuk itu saya ketua RT 003 Henna mengatakan masalah tempat/lokasi sangat aman untuk buka Sekolah Paud. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, lebih khusus kepada Ibu Milka Hernawati Reba selaku Kepala Bidang Paud dan Dikmas Kabupaten Jayapura telah hadir dan memberikan restu membuka sekolah Paud di tempat ini,” ungkap Icnatius Pangkali panjang-lebar dalam sambutannya.

Sementara itu, ketika diberi kesempatan memberikan sambutan, pemilik tanah Yunus Pangkali mengatakan secara tegas bahwa tanah tersebut telah dimusyawarahkan di antara semua warga sukunya dan bersekapat untuk menyerahkan tanah dimaksud sebagai lokasi pendidikan yang akan dikelola oleh Yayasan Tunas Nusantara Jaya. “Mengenai tanah, kami dari keluarga suku Pangkali telah bersepakat dan memberikan hak penuh kepada Yayasan Tunas Nusantara Jaya untuk membangun sekolah Paud di sini. Sekali lagi bahwa mengenai urusan tanah aman untuk bangun sekolah Paud,” ucap Yunus Pangkali tegas.

Atas nama Pengurus Yayasan Tunas Nusantara Jaya, Ketua Yayasan Sem Gombo,S.Kom mengucapkan terima kasih kepada Kepala bidang Paud dan Dikmas Kabupaten Jayapura Ibu Milka Hernawati Reba, beserta stafnya yang telah datang ke lokasi untuk memberikan dukungan sekaligus memberikan status sekolah PAUD TK dan KB Tunas Nusantara Jaya menjadi Sah. “Kami juga ucapkan terima kasih kepada yang terhormat Ketua RT.003 Henna, Bapak. Icnatius Pangkali pada kesempatan ini bisa hadir dan memberikan dukungan penuh kepada kami pengurus Yayasan Tunas Nusantara Jaya dan rencana program bangun sekolah Paud di tempat ini. Selanjutnya, terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Yunus Pangkali yang sudah menghibahkan tanahnya untuk menjadi lokasi Sekolah Paud TK dan KB yang dikelola yayasan yang saya pimpin,” ujar Gombo.

Acara kunjungan kerja Kabid Paud dan Dikmas yang dihadiri hampir limapuluhan warga dan pejabat pemerintahan setempat berjalan lancar, aman dan sukses. (SEM/Red)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here