METROSULBAR COM (MAMASA )>Sudah Lama Pemerintah Kabupaten Mamasa dan masyarakat Menantikan kehadiran Kodim 1428 Sebagai Komondan Distrik Militer (Kodim) yang Defenitif.

Kini sekarang impian itu terwujud untuk  memiliki Komando Distrik Militer (Kodim) sendiri secara defenitif, setelah Danrem 142 Tata Mamuju”Brigjen TNI Firman Dahlan.S.I.P , meresmikan Kodim 1428,Kabupaten Mamasa secara defenitif yang bermarkas di litak sakkak Kecamatan Mamasa.Jumat. Tgl 3 /7/2020.

Pembentukan dan peresmian Komando Distrik Militer (KODIM) 1428 Mamasa telah sejak lama ditunggu kehadirannya Oleh  pemerintah daerah maupun masyarakat Kabupaten mamasa , kini penantian sudah terealisasi, sekaligus dipimpin oleh Letkol Muh .Aras selaku komandan kodim Mamasa .

Melalui peresmian tersebut “Brigjen Firman Dahlan” dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kodim 1428 Mamasa adalah wujud kepastian pimpinan TNI angkatan darat pada daerah ini .

Pimpinan angkatan darat menganggap bahwa Kabupaten Mamasa adalah daerah yang sangat strategis sehingga dibentuklah suatu kodim sebagai komando diwilayah ini,dimana sebelumnya wilayah kabupaten Mamasa bernaung dibawah kendali kodim 1402 Polewali mandar dan Mamasa yang berkedudukan di kabupaten Polewali Mandar.

Oleh karenanya ,dengan selesainya pembangunan kantor kodim dikabupaten Mamasa ,saya mengucapkan selamat semoga keberadaan kodim yang baru ini dapat meningkatkan sinergi dengan pemerintah setempat ,dan masyarakat sekaligus memberikan suasana baru guna meningkatkan kinerja personil kodim 1428 bersama jajarannya.”Ucap Firman Dahlan ”

“Satu hal yang perlu saya ingatkan bahwa kodim 1428 Mamasa ini tidak terwujud begitu saja ,tetapi dibangun dengan biaya yang cukup besar, oleh karena itu selalu dipelihara dan dirawat sebaik -baiknya sehingga memiliki usia pakai lebih lama, mamfaatkan sarana dengan benar, dengan sikap peduli dengan Fasilitas yang ada sehingga terpelihara dengan baik .

“Sikap ini adalah merupakan wujud penghargaan kepada pimpinan dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam berdirinya kodim 1428 Mamasa termasuk pemerintah kabupaten Mamasa” Sebut Danrem”.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kita semua menyadari bahwa keberadaan satuan TNI di kabupaten Mamasa ini memiliki peran yang sangat penting untuk memelihara dan menciptakan keamanan bagi masyarakat dari setiap ancaman,maka dari itu saya berharap keberadaan kodim yang baru ini dapat menjalin kerja sama yang baik dan harmonis bersama -sama dengan Forkopimda , jajaran pemerintah daerah ,tokoh masyarakat, tokoh adat ,tokoh pemuda dan lainnya guna mendukung tugas satuan pokok secara optimal.

Hubungan yang baik dengan komponen bangsa hendaknya terus dipelihara dan ditingkatkan dalam upaya memantapkan kemanunggalan TNI rakyat guna mendukung pemerintahan daerah untuk proses pembangunan demi kesejahteraan masyarakat”pungkasnya.

” Saya berharap kepada pemerintah daerah , jajaran polres Mamasa, pemuka agama dan tokoh masyarakat , pemuka adat dan tokoh pemuda serta seluruh rakyat kabupaten Mamasa dapat memberikan dukungan dan kerja sama yang baik kepada TNI “tutur Brigjen TNI itu.

Mengahiri sambutannya Danrem menitipkan kepada Komandan kodim 1418 Mamasa untuk seluru rakyat kabupaten Mamasa serta pemerintah kabupaten Mamasa supaya menjaga kerja sama demi kesejahteraan masyarakat secara umum.

Setelah selesai acara Brigjen Firman ketika ditanya awak media menyebutkan kalau personil TNI selama ini masih dibawah kendali personil Dandim Polman, jadi kondisi sekarang beralih keMamasa sehingga hannya mencapai 30 %.Namun secara bertahap akan ditambah personil untuk melengkapi pos koramil yang ada di kabupaten Mamasa.

Jadi idealnya kata dia ,personil berdasarkan luas wilayah kabupaten Mamasa dari 17 kecamatan di butuhkan 224 personil guna melengkapi semuanya pos-pos Koromil yang ada diwilayah kabupaten Mamasa.

Sementara itu Bupati Mamasa Ramlan Badawi yakin elemen masyarakat bersama pemerintah sangat bersyukur dengan resminya Kodim 1428 Mamasa akan memantapkan keamanan jadi kondusif dan aman  guna membawa kabupaten Mamasa menjadi maju dan berkembang setara dengan kabupaten lainnya disulawesi barat .

Dalam peresmian tersebut dihadiri oleh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mamasa dan jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Mamasa , Wakil Ketua DPRD Mamasa ,Tokoh Masyarakat , Tokoh Agama , Serta undangan.

Penulis =Marwan/Biro Metrosulbar Kabupaten Mamasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here