Tampak salah seorang Hakim PN Polewali sedang mendonorkan darah (Foto: Asrianto/ Fms)

POLEWALI, metrosulbar.COM– Puluhan pegawai Pengadilan Negeri (PN) Polewali melakukan aksi donor darah, Kamis (26/10). Aksi ini digelar kantor PN Jl. Mr. Muh. Yamin. Satu-persatu pegawai PN antri menunggu giliran, mulai dari hakim, panitera, hingga sekuriti.

Kepala PN Polewali Heryanti, SH, M.Hum, mengatakan bahwa donor darah ini merupakan amanah dari Mahkamah Agung (MA) RI yang telah rutin dari Pengadian Negeri Polman.

“Tahun ini kami sudah tiga kali lakukan. Motivasi kami adalah didalam badan yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Dengan badan yang sehat. Kita wujudkan badan peradilan Indonesia yang agung,” jelas Heryanti.

Lanjut Heriyanti, selain bermanfaat bagi kesehatan pendonor, kegiatan ini juga bisa bermanfaat untuk menyelamatkan jiwa manusia yang membutuhkan darah.

“Semoga tetes demi setetes darah kami bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan,” harapnya.

Kendati semua melakukan donor darah, namun semua pegawai akan dicek dahulu kesehatannya, yang mana memenuhi persyaratan. Namun hasil pemeriksaan sebelumnya, semua negatif dari penyakit tertentu seperti HIV, hepatitis B, dan lainnya.

Selain pegawai pengadilan, juga pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Polewali berpartisipasi mendonorkan darah.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Polman M.Subhan menjelaskan bahwa selama ini memang rutin melakukan donor darah. Ia jg sangat mengapresiasi kegiatan ini.
Begitupun sebaliknya jika pihak Kejaksaan menggelar donor darah, pasti akan mengajak pihak pengadilan.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi orang lain, dan biarlah perbuatan kita menjadi amal jariyah,” ujarnya.

Petugas Unit Transfusi Darah (UTD) Polman Al Mubarak mengatakan, stok darah di UTD memang agak kurang untuk semua jenis golongan darah.

“Per hari ini kami masih ada stok sekitar 20 kantong, itu untuk semua golongan darah,”
katanya.

Namun demikian, stok ini akan terus menipis, seiring banyaknya permintaan setiap hari darah dari RSUD.

Untuk hari ini stok yang kurang adalah golongan darah B, sementara permintaan darah dari RSUD terus bertambah. Dalam kurun sebulan terakhir permintaan darah dari RSUD semakin meningkat setiap hari.
(ant/har)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here