36 Anggota Panwascam Matra Dilantik, Ini Harapan Sekkab M. Natsir

0
107
Pelantikan Panwascam Kabupaten Mamuju Utara (Foto: Indra Anwar/ Fms)

MATRA, metrosulbar.COM– Sebanyak 36 panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Kabupaten Mamuju Utara resmi dilantik, Minggu (29/30).

Pelantikan dan pengamnilan sumpah berlangsung di aula hotel Tri Sakti. Berdasarkan pantauan dari fomusmetrosulbar.com,  36 orang yang dilantik tersebut hanya 3 diantaranya perempuan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Mamuju Utara, Syamsuddin pada sambutannya mengatakan, Panwascam yang dilantik sebanyak 36 orang dari 12 kecamatan Se-Kabupaten Mamuju Utara adalah pilihan dari hasil rekruetmen yang dilakukan secara terbuka dan transparan.

Syamsuddin meminta para anggota Panwascam yang telah dilantik untuk tidak berbangga diri namun tetap rendah hati karena jabatan sebagai Panwascam adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

“Sebagai lembaga yang memiliki kewenangan penuh dalam melakukan pengawasan terhadap setiap proses tahapan yang berlangsung tentu telah dijamin oleh Undang-undang,” ujarnya

Dirinya berharap, amanah yang diemban agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Sebagai fungsi pengawasan, tentu yang paling utama yang dilakukan adalah pencegahan, namun jika telah terjadi pelanggaran maka sudah masuk ranah penindakan.

“Suksesnya pemilu bukan dilihat banyaknya kasus dugaan  pelanggaran yang ditangani, tetapi suksesnya pemilu adalah bagaimana kita melakukan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju Utara, M. Natsir yang hadir pada kesempatan itu, menyampaikan, sebagai Panwascam agar mampu menjaga komitmen dan intergitas dalam menjalangkan tugas pengawasan Pemilu.

“Panwas agar mampu menjaga integritas dalam menghadapi tekanan pekerjaan, demi terjaga proses demokrasi di Indonesia pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Mamuju Utara,” tuturnya.

Dikatakan, integritas dan kemandirian adalah benteng terakhir yang dimiliki dalam menjalankan tugas sebagai Panwascam. Tanggung jawab panwas adalah memastikan penyelanggaraan pemilu berjalan jujur dan adil.

“Saya melihat pada pelantikan ini, ada anggota Panwas yang berasal dari beberapa ASN. Maka, saya harapkan agar bisa memahami aturan tentang ASN ketika menjadi pejabat negara,” ungkapnya. (ind/har)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here