Laporan : Rusli (Sulteng Di Palu

 

120 WNA korban gempa & tsunami di Palu & Donggala teridentifikasi, 2 belum diketahui

METROSULBAR COM-122 Orang Warga negara asing teridentifikasi berada di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, saat terjadi gempa dan tsunami pada Jumat (28/9) pekan lalu. Dari 122 WNA tercatat seorang warga negara Korea dan Belgia belum diketahui keberadaannya. BERITA TERKAIT Malaysia akan kirim bantuan dan tim tanggap bencana ke Palu KPU dukung penundaan kampanye di daerah bencana Setuju SBY, Golkar tunda kampanye dan fokus bantu korban gempa Sulteng

“Informasi evakuasi WNA per tanggal 2/10/2018 mengenal 122 orang WNA (teridentifikasi 120 orang) dan dua orang belum diketahui (WN Korea dan WN Belgia),” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (2/10).

120 orang teridentifikasi tersebut di antaranya 2 WN Singapura. Satu orang telah kembali ke Singapura. Sementara seorang lainnya dievakuasi ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Lalu dua teridentifikasi WN Belgia. Seorang dievakuasi ke Jakarta dan satu orang lagi belum diketahui keberadaannya.

Sementara seorang WN Korea Selatan hingga kini belum diketahui keberadaannya diduga berada di Hotel Roa-Roa, Palu. Sedangkan delapan WN teridentifikasi asal Perancis. Mereka masing-masing berada di antaranya tiga orang di Bandara Mutiara Palu. Tiga orang tidak berada di Palu dan dua orang berada di Pulau Togean dalam keadaan aman.

“Satu orang berada di Spanyol sekarang sudah berada di Ternate, tiga orang WNA Malaysia yang sudah kembali, 11 WNA Vietnam yang sudah dievakuasi ke Jakarta, 32 WNA asal Thailand di Palu, 30 orang sudah dievakuasi ke Makassar dan dua orang lagi tetap tinggal di Palu karena alasan pribadi,” ujarnya.

Selanjutnya, sebanyak 21 orang WNA asal Tiongkok, delapan orang sudah dievakuasi ke luar Palu, 13 orang berada di Bandara Mutiara Palu menunggu evakuasi. Tujuh orang asal Srilanka dalam keadaan aman dan sudah dapat dihubungi kedutaannya.

Lalu, tujuh WNA asal Belanda dalam kondisi aman berada di Prince John Dive Resort-Donggala. Dua puluh WNA asal Jerman, dua orang sudah dievakuasi ke Makassar, 17 orang di Donggala, satu orang diselamatkan BNPB di Palu.

“Satu WNA asal Swiss, kondisi aman di Prince John Dive Resort-Donggala. Empat WNA Timor Leste menunggu evakuasi di Bandara Mutiara Palu dan dua WNA Hongkong yang berada di Jalan Trans Sulawesi,” kata Sutopo.

(.)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here