“Engkau harus mampu mengarungi samudra yang penuh tantangan, dengan Bahtera impian hingga menggapai pantai harapan”

 

MAMUJU (METROSULBAR COM). Begitulah untaian kata sambutan oleh Camat Papalang Yahyuddin Tighi, S.Pd pada Kamis, 9/7/2020 usai mengambil Sumpah Jabatan melantik  Ridwan, S.Pd sebagai  Pj. Kepala Desa Bonda Kec. Papalang Kab.Mamuju Sul-bar atas nama Bupati Mamuju untuk masa jabatan hingga 2021.

Pelantikan di laksanakan di ruang pola kantor Camat Papalang berdasarkan Surat Keputusan Bupati Mamuju Nomor: 188.45/318/KPTS/IV/2020 Tentang Perpanjangan Masa Jabatan Penjabat Kepala Desa Bonda Kec.Papalang Kab.Mamuju. Acara tersebut di hadiri oleh Kadis PMD Kab.Mamuju Mas Agung SH, Kapospol Papalang AIPDA Hadaming M, S.Pd, Bhabinkamtibmas Desa Bonda Brigpol Mayor Edrwar,  Kabid Pemerintahan Desa Kab.Mamuju Andi Mitra, dari KUA Kec. Papalang Harianto, S.Ag sekaligus bertindak sebagai Rohaniwan, Kades Topore, Kades Papalang, Kades Batu Ampa, Kades Boda-boda, Kades Sisango, Kades Salukayu Ketua BPD Desa Bonda,  OPD Desa Bonda TP PKK Desa Bonda serta Segenap Stakeholders yang ada di Desa Bonda  dan para Tamu Undangan.

Dalam sambutannya, Camat Papalang mengharapkan agar Pj. Kepala Desa Bonda yang baru saja diperpanjang ini mampu membangun kerja sama dengan Desa-Desa yang lain menjadi penggerak untuk mensukseskan program pemerintah sekarang dan yang akan datang. “Diharapkan akan mampu bersilaturrahmi dan kerja sama dengan pemerintah yang ada dan sesama Kepala Desa serta mampu menjadi penggerak untuk mensukseskan Program pemerintah sekarang dan yang akan datang” Imbuhnya. Sambutan beliau kadang di selingi canda tawa karena beliau (Pak Camat) mengaku bahwa baru kali ini melantik Kepala Desa

Pak Ridwan, S.Pd adalah berstatus ASN yang bekerja pada Staf Kecamatan Papalang pernah menjadi Pj. Kepala Desa Batu Ampa di Kec.Papalang tahun 2016-2017. Pj. Kepala Desa Bonda di lantik pada tgl 9/10/2019 oleh Bupati Mamuju H.Habsi Wahid dan selanjutnya  dilantik lagi sebagai Kepala Desa Bonda  perpanjangan pada 9/7/2020 untuk masa jabatan 2020-2021 atau hingga di lantiknya Kades terpilih Desa Bonda akan datang. Dalam kesempatan itu Kadis PMD Kab.Mamuju Mas Agung SH menyampaikan bahwa Pemilihan Kepala Desa serentak akan di laksanakan tahun depan antara januari atau Februari 2021 setelah Pilkada Mamuju di laksanakan pada 9 Desember 2020.  Beliau ( Kadis ), sambil memuji Camat Papalang  yang baru saja melaksanakan tugasnya  bertindak atas nama Bupati Melantik Pj.Kepala Desa sambil bergurau karena naskah Sumpah Jabatan  yang di bacakan sempat di ulang. “Saya sudah yakin bahwa pak camat bisa dan tidak di ragukan. Beliau ini siap pake” Imbuh nya sambil di sambut galak tawa dan tepuk tangan hadirin.

Capaian

Selama menjabat sebagai Pj.Kades Bonda selama satu tahun, Pak Ridwan langsung tancap gas mengahadapi pekerjaan yang baru saja di titipkan oleh Kepala Desa Sebelumnya yaitu :-Penyelesian Rehab Jembatan penghubung Dusun Paniki yang mengisolasi dusun Tambung, dusun Beringin, dusun Tawaro dan dusun Losso.

-Pembuatan TPO di dusun Paniki, Pengadaan 50 unit KWH untuk Rumah tangga miskin, Rehab 10 unit  Rumah Tidak Layak Huni untuk Rumah Tangga miskin, Pemasangan 7 unit Lampu Jalan, Pemasangan Wi-fi sebagai akses Informasi Desa, serta di bidang kemasyarakatan antara lain pembinaan Olah Raga dan pembinaan bidang Keagamaan dan masuk pada tahun 2020 ini beliau bersama dengan OPDnya bekerja sama dengan semua pihak yang ada di Desa Bonda dan dari Tim Pendamping Desa  mampu mensukseskan Program Pemerintah dalam mengelola anggaran Dana Desa  menghadapi Pandemi Covid 19.

Di temui di kediamannya pasca Pelantikan di tanya soal Visi Misi nya kedepan, ayah dari 3 orang anak ini Mengagendakan Pembangunan Jalan Desa sekaligus sebagai Jalan Wisata yaitu jalan dari dusun kapas yang ber batasan dengan  Desa Topore-dusun Toansang sepanajang kurang lebih 4 KM karena kondisinya  rusak dan pembangunan sumber daya manusia baik secara formal yang berskala Desa maupun yang Non Formal dengan perencanaan yang baik serta pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kapasitas masyarakat mendorong perekonomian masyarakat Desa Bonda dalam rangka mensukseskan program pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten Mamuju sekarang dan yang akan datang,Pungkasnya”.

(Penulis= HS Sondoang/Metrosulbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here